Friday, August 2, 2013

Istilah Dalam Adobe Flash - Istilah Dalam Adobe Flash ini perlu kita ketahui agar kita dapat memahami penggunaan adobe flash secara umum. Berikut ini adalah beberapa istilah dalam adobe flash yang perlu kita diketahui.

Stage
Stage merupakan tempat di mana kita dapat membuat/menggambar objek serta mengolah objek tersebut sesuai kebutuhan, misalnya menganimasikan objek tersebut . Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain. 

Timeline
Timeline adalah komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. 

Library
Library, sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic). 

Action
Action,  adalah tempat untuk menulis perintah atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan kecanggihan khusus. 

Properties
Properties, untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.

Frame
Frame, adalah satuan terkecil dalam video. pada program flash, frame di umpamakan seperti kertas hvs yang digambar. jika kita perpanjang sepanjang 5 frame, maka diumpamakan 5 kertas hvs yang sama. apabila kita merubah salah satu frame, maka frame lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

Single Keyframe
Single Keyframe, adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. diumpamakan seperti kertas hvs yang berisi gambar, apabila kita tambahakan 5 keyframe, dan apabila kita ubah salah satu kleyframenya, maka tidak akan berpengaruh pada keyframe-keyframe lain. karena keyframe dapat berdiri sendiri. 

Motion Tweened Frame
Motion Tweened Frame, adalah salah satu fitur dalam adobe flash yang dapat memudahkan kita dalam membuat animasipergerakan objek tanpa harus memperbanyak gambar keyframe.

Shape Tweened Frame 
Shape Tweened Frame, tweening dilakukan untuk obyek diantara dua keyframe berupa morphing dari benda yang bukan symbol atau group. Shape tween hanya berlaku untuk obyek yang telah broken apart. 

Labeled Frame 
Labeled Frame, adalah jumlah frame di dalam timeline.

Scripted Frame 
Scripted Frame, adalah bahasa pemograman yg dipakai oleh adobe flash utk mengendalikan object ataupun movie clip yang terdapat dalam Adobe Flash.


Tools Area
Tools Area, adalah alat-alat yang ada di dalam flash dan yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan objek, untuk lebih detailnya lihat gambar.

View area 
View Area, tempat kerja atau area kerja yang ditampilkan dalam sebuah objek yang dikerjakan.

Colors Area
Colors Area, adlah area dimana alat untuk mewarnai objek yang dikerjakan.

Static Teks
Static Text merupakan jenis text dalam Adobe Flash yang isinya/tulisannya tidak dapat diubah secara  dinamis (melalui ActionScript), tetapi harus diubah secara manual dengan menge-klik text area..

Dynamic Text
Dinamic Text adalah teks yang dapat berubah secara dinamis yang diambil dari sebuah variable ActionScript.

Input Teks 
Input Teks, digunakan untuk memasukkan teks pada form. 

Breaking Text Apart 
Breaking Text Apart, digunakan untuk memisahkan group, instance, teks dan bitmap menjadi elemen tersendiri yang bisa diedit.

Linking Teks 
Linking Teks, adalah membuat teks yang kita kerjakan dapat berhubungan langsung dengan situs-situs atau web-web tertentu.

Bitmap
Bitmap, adalah kumpulan bit yang memuat suatu gambar asli. Dan tersimpan sebagai pixel(titik-titik) yang memenuh titik-titik pada bidang layer.

Vector
Vector, adalah grafik yg berorientasikan pada objek, gambar yg mudah dikendalikan utk tujuan memanipulasi gambar & menyesuaikannya. gambar vektor kurang realistik dan tidak memenuhi ciri2 objek sebenarnya dlm kehidupan sehari-hari.

Motion Tween
Motion Tween, adalah animasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Timeline dengan mengubah ukuran (scale), rotasi (rotation), dan posisi (location) dengan gerakan yang tidak putus-putus.

Shape Tween
Shape Tween, adalah fitur di Flash yang memungkinkan untuk mengubah suatu bentuk menjadi bentuk yang lain. Dengan Shape Tween kita bisa membuat animasi lingkaran menjadi kotak atau bentuk yang lain.

Graphic
Graphic merupakan jenis symbol yang ada di Adobe Flash. Graphic digunakan untuk membuat objek agar dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide selain itu dengan dijadikannya suatu objek menjadi movie clip.

Movie Clip
Tipe Simbol Movie Clip, fungsinya sama seperti Graphic, tetapi bisa di beri actionscript, sedangkan graphic tidak bisa.

Button
Tipe Simbol Button, digunakan untuk membuat tombol di flash. Dengan dijadikannya suatu objek menjadi button maka selain objek tersebut menjadi tombol, objek tersebut juga dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide dan juga kita dapat memberikan actionscript pada objek tersebut.

.swf 
.swf, adalah format yang paling sering diguakan dalam publishing flash karena menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dari animasi 2D lainnya. Biasanya pada Adobe flash, saat melakukan pengetesan file, file ini otomatis ada di direktori yang sama dan nama file yang sama dengan proyek flash yang kita buat (dengan pengetesan menggunakan Ctrl + Enter).
Categories: , ,

1 comment: