Friday, August 9, 2013

Etika Copy - Paste Karya Orang Lain - Copy - Paste merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh seorang blogger untuk mengisi konten (posting) di blog mereka. Pada dasarnya, tindak copy-paste dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, dalam kondisi apa saja bahkan oleh siapa saja.

Akan tetapi, dibalik itu semua ada beberapa etika dalam melakukan copy - paste. Beberapa etika tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan copy - paste suatu artikel di blog orang lain, seharusnya dan sebaiknya mintalah ijin terlebih dahulu kepada orang yang membuat artikel tersebut.
  2. Jika yang empu-nya artikel tidak mengijinkan, jangan marah, hargailah privasi mereka.
  3. Hargailah karya orang lain, dalam hal ini kita dapat menyertakan dari mana sumbernya (dalam bentuk link ke sumber referensi) dari artikel yang kita copy-paste.
  4. Sebaiknya jangan full copy - paste, kita dapat menambahkan sedikit kata - kata kita ke dalam artikel tersebut, kecuali jika yang empunya artikel tidak mengijinkan kita untuk merubah isinya.
Itulah beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam copy - paste artikel karya orang lain. Jika ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan pendapat Anda, silahkan sesuaikan. Jika ada yang kurang silahkan tambahkan. Terima kasih telah membaca tulisan Etika Copy - Paste Karya Orang Lain. Semoga bermanfaat.
Categories:

0 comments:

Post a Comment